Iklan

10/10/2009 | Posted in , ,

CONVERT FILE .LZM MENJADI DIREKTORI PADA BACKTRACK 3 FINAL

Merubah file .lzm menjadi direktori pada Back|track 3 Final
by Bebek

===> Apa itu Backtrack ?
    Pertanyaan yang kurang penting sekali,karena saya yakin kalian sudah pada tahu mengenai distro linux yang satu ini. tapi bagi yang belum saya akan menjelaskan sedikit
mengenai Backtrack ini.
    Backtrack merupakan sebuah distro linux khusus untuk keperluan penetration testing, penetration testing itu maksudnya percobaan penetrasi ke sebuah mesin untuk mengetahui
kelemahan yang ada di mesin tersebut dan memperbaikinya. distro ini berisikan banyak aplikasi-aplikasi untuk
keperluan sekuriti yang biasa digunakan hacker. pada saat tulisan ini ditulis, Backtrack telah sampai ke
versi 4 namun masih pre realease. dalam tulisan ini saya mencoba mengkonversi
file .lzm menjadi direktori (lzm2dir) menggunakan Backtrack 3 Final. mengapa saya tidak menggunakan
Backtrack 4 Pre Realease. yaa..karena saya tidak punya .iso nya hehehe... dan pada Backtrack 3 ini juga terdapat
masalah dalam hal konversi file .lzm ini, maka dari itu saya ingin mencoba untuk membantu mengatasi masalah ini
untuk mereka yang masih menggunakan Backtrack 3 ini .
    lzm merupakan extention dari module yang digunakan pada distro Slax. karena Backtrack 3 merupakan
keturunan Slax, maka module .lzm ini yang dipakai untuk memaketkan aplikasi - aplikasi yang ada dalam backtrack.
untuk mendapatkan module-module lzm ini silakan cari di : www.slax.org/modules.php

===> Ekstrak file lzm
    untuk mengektrak file yang sudah terkompresi dalam file lzm ini ke direktori dapat menggunankan perintah
lzm2dir \direktori yang tedapat file lzm-nya\namafile.lzm(spasi)namafolderoutput
keterangan=
namafile.lzm merupakan file yang akan diekstrak
namafolderoutput=nama folder tempat hasil ekstrak nantinya

waktu saya mencoba mengekstrak file tersebut saya menemukan masalah, pada saat saya selesai mengetik perintahnya
dan tekan enter. tiba2 muncul tulisan " I supported squashfs.....dst". saya mencoba mengekstrak file lzm yang lain
namun sama hasilnya.saya cari2 solusinya di mana-mana akhirnya saya menemukan caranya dari sebuah situs. saya lupa alamatnya
yang jelas situs itu memberikan pencerahan kepada saya. bedasarkan situs tersebut akhirnya saya menyimpulkan penyebab gagalnya
proses ekstrak tersebut dikarenakan module - module yang saya download dari slax.org itu dibuat via dir2lzm (kebalikan lzm2dir)
menggunakan distro Slax versi 6.1.2.sedangkan backtrack 3 saya perkirakan dibuat bedasarkan Slax versi yang lebih
jadul dari slax versi 6.1.2 tersebut. otomatis program lzm2dirnya tidak bisa mengenali file lzm yang dibuat di atas slax 6.1.2.

selanjutnya yang saya lakukan adalah mendownload iso Slax 6.1.2 dan setelah selesai saya mount iso tersebut ke folder
yang ada pada /mnt/iso,dengan perintah mount -o loop -t iso9660 /tempat file iso Slax 6.1.2(spasi)/mnt/iso
buka folder /mnt/iso/slax/tools copy semua file yang ada disitu (kecuali folder WIN) ke folder /usr/bin
setelah itu coba Anda sekarang ekstrak file sebuah lzm dan lihat hasilnya !!! mudah-mudahan Berhasil

jika Anda tidak ingin medownload iso Slax 6.1.2 yang berukuran sekitar 200 MB, Anda bisa Cari di google dengan mengetikan kata kunci slaxtools.

selamat mencoba n smoga beruntung....

Category: , ,
��

Comments

0 responses to " "