Iklan

1/08/2010 | Posted in ,

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan “ Hacker? Makhluk Apa sih dia !? “, kalo bagian pertama membahas pengertian hacker. pada bagian kedua ini saya akan membahas mengenai tingkatan – tingkatan yang ada dalam di dunia hacker.

ternyata didalam dunia underground ada sebuah hierarki atau tingakatan-tingkatanya. maksudnya hacker di bedakan bedasarkan kemampuan dan pengalaman di bidang computer security. berikut ini adalah tingakatan – tingakatan hacker.

1. elite

Merupakan hacker berkemampuan tinggi, hacker sekelas ini dapat keluar masuk sistem komputer tanpa terdeteksi, memiliki pengalaman dalam bidang keamanan komputer. kemapuan hacker elite ini mengenai TCP/IP tidak diragukan lagi . mereka sangat bersahabat dengan jaringan komputer, karena memang sehari – hari mereka berhadapan dengan hal tersebut. selain itu mereka mempunyai kemampuan programming yang sanga baik dan menguasai serta mengetahui seluk beluk sistem operasi. mereka dapat membuat tools hacking sesuai kebutuhan mereka dan mereka juga mampu menemukan celah keamanan dan memperbaikinya atau melaporkan pada pihak yang bersangkutan karena celah tersebut dapat disalahgunakan oleh black hat hacker . mungkin kalo di Indonesia , hacker yang masuk kategori ini : S’to, Y3dips, Jim Geovedi, Onno W. Purbo…gua belom nyampe…masih jauhhh

2. Semi Elite

Wah..kalo ini mungkin, juniornya hacker elite, memeliki potensi untuk menjadi hacker elite, namun belum cukup berpengalaman untuk mencapai tingkata di atasnya. namun kemampuannya cukup diperhitungkan. banyak serangan yang dilancarkan oleh hacker semi elite ini. dan pengetahuan mereka tentang hacking tidak kalah dengan yang elite.

3.Developed Kiddie

hacker yang ada pada kategori ini , biasanya anak remaja (masih sekolah). mereka yang ada di tingkat ini sepertinya paham mengenai hacking. tetapi kemampuannya belum cukup untuk dikatakan hacker. kemampuan mereka dibidang programming, Networking, dll. masih belum mampu memecahkan masalah keamanan komputer. tapi mereka dapat juga melakukan kegiatan hacking dengan menggunakan tools yang tersedia di situs-situs underground. mereka melakukannya dengan mempelajari langkah-langah menggunakan tools tersebut.

   

4. Script Kiddie

Hampir sama dengan developed kiddie, hanya saja hacker pada tingkat ini cuma bisa mengandalkan tools hacking . dan mereka biasanya malas untuk memperlajari lebih jauh tentang hacking. sehingga mereka melakukan tindakan yang bahaya tanpa tahu akibatnya.

5. Lamers

Mereka yang di kategori ini adalah orang yang hanya mengetahui sedikit sekali tentang hacker dan ingin menjadi seperti mereka. namun mereka tidak mau belajar sama sekali (barangkali…). mereka membangga-banggakan dirinya kalau dia seorang hacker. padahal dia tidak bisa sama sekali teknik – teknik hacking. paling banter mereka menggunakan tools hacking yang instant dan mudah digunakan untuk mencuri facebook orang. mereka yang di kategori  biasanya menghabiskan waktunya untuk main game (baik OFFLINE / ONLINE) dan menggunakan cheat, sebagian dari mereka menganggap proses cheating mereka adalah sebuah kegiatan hacking dan patut dibanggakan.

Kelima tingakatan diatas adalah tingakatan yang tercipta hasil sosialisasi antara hacker dengan hacker lainnya di dunia hacking. namun tidak semua hacker di dunia setuju dengan tingakatan di atas dengan berbagai alasan…tapi itulah yang terjadi. saya menulis ini bukan saya sombong..atau apa sejenisnya. tapi tujuan saya menulis ini agar hacker – hacker yang baru belajar (saya juga) mau terus memperdalam ilmu karena menjadi hacker tidak cuma sebatas menggunakan tools dan kita juga harus sadar sampai dimana kemampuan kita, karena diatas langit masih ada langit lagi.

sekian dulu ya..insya Allah swt. dilanjutin ke Part 3, mengenai bagaimana cara hacker menjalankan aksinya. 

 

oleh:Anjar Suryo Utomo

Category: ,
��

Comments

0 responses to "Hacker…(2)"