Iklan

1/02/2010 | Posted in

 

 

Ini dia salah satu pelaku di komunitas dunia maya. hakcer istilah yang sering disebut-sebut media massa baik elektronik, maupun media cetak. sebenarnya apa yang selama ini hacker seperti diberitakan oleh media massa? apakah hacker itu orang yang sama seperti dalam pikiran Anda ?. pada umumnya kita berpikir hacker itu seorang kriminal , itu tidak salah dan juga tidak benar. ada juga yang bilang dia itu mata-mata, tukang nyebarin virus, tukang dll.

Sebenarnya hacker (kalau menurut gua pribadi) adalah orang yang mau belajar mengenai sesuatu agar dapat memahami bagaimana sesuatu itu bekerja. hacker dalam arti sempit yaitu orang yang pandai / mengerti seluk beluk  komputer dan berusaha memperbaiki kelemahan dari sebuah sistem atau program komputer. tapi karena banyak yang menyalah gunakan ilmunya ya..jadinya seperti yang dianggap orang-orang pada umumnya. padahal pada saat istilah hacker pertama kali muncul pengertian bukan seperti yang kita bayangkan selama ini. ada sejarahnya…begini ceritanya…

pada zaman dahulu kala, nggak jadul-jadul amat, cuma sekitar tahun 1960an sampe 1970an, di Amerikas Serikat ada sebuah komunitas mahasiswa yang saling berbagi dalam bidang ilmu komputer. tidak lain dan tidak bukan anggota dari komunitas ini merupakan para ahli komputer dan programmer yang sangat berpengaruh dan berjasas dalam perkembangan komputer di dunia, konon katanya Bill Gates, pendiri Microsoft merupakan Anggotanya, begitu juga Steve Jobs, pendiri Apple. Pada zaman itu mereka berlomba – lomba membuat program komputer. mereka saling perang kreatifitas. namun program yang mereka buat tidak sepenuhnya stabil. ada beberapa kesalah didalam program yang dibuat. kalau sekarang Anda di suruh mendownload patch sebuah program atau game, tidak lain tujuannya untuk memperbaiki program, karena program yang Anda gunakan belum stabil. sama seperti yang dilakukan pada zaman komunitas tersebut, ada seorang anggota yang berhasil memperbaiki kesalahan tersebut  dan oleh anggota yang lain disebut hacker.

jadi sebenarnya istilah hacker dulu adalah orang yang mempunyai keahlian pemrograman tinggi dan mampu memperbaiki kelemahan atau kesalahan program tersebut sehingga program tersebut dapat berjalan normal, bahkan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

seiring berkembanganya komputer dan lahirnya internet, para programmer jago ini mulai iseng otaknya. mereka mencoba menguasai komputer yang terhubung melalui kesalah  - kesalah pada program komputer target. akhirnya hacker – hacker yang tertangkap aksinya  mulai dicap oleh media massa sebagai seorang kriminal pada waktu itu. namun pada saat internet baru muncul, hacker – hacker yang ada memang seorang professional atau ahli. berbeda dengan sekarang begitu banyak tools –tools yang digunakan untuk melakukan hacking ke sebuah komputer.

tetapi akhir – akhir ini hacker – hacker baik pun tetap ada, mereka biasanya menjadi konsultan keamanan komputer. dan komunitas hacker berkembang pesat di dunia maya ini. di Indonesia pun sudah banyak peminatnya. namun untuk menjadi hacker tidak mudah, karena hacker bukan istilah sembarang yang didapat dengan belajar seperti disekolah/dikampus, bukan juga hanya dengan mengikuti forum – forum computer security. hacker adalah sebuah pengakuan dari hacker – hacker lain yang lebih dulu berjuang untuk menguasai ilmu hacking dengan pengalaman mereka. 

Berikut ini adalah penggolongan hakcer :

hacker dibagi 3 golongan

1. White Hat Hacker : ini dia hacker yang baik, dia biasanya membantu perusahan – perusahan  dalam memperbaiki sistem komputernya dan membuatkan pertahanan agar komputer mereka tidak diserang hacker jahat.

2. Black Hat Hacker : Ini dah ..yang sering diberitakan di Tipi-tipi (baca:TV), dia nih..yang suka nyusup-nyusup kekomputer orang, mencuri data (bisa – bisa dia tau kalo kita nyimpen Film keong), yahh..palingan cuma ngambil duit dari bank tanpa membobol ATM atau ngacungin AK-47 ke Teller).sebernarnya terlalu lebay sih kalo dibilang begitu..tapi itulah kenyataan.

3. Grey Hat Hakcer : Dia ini orangnya setengah-setengah, kadang-kadang baik,kadang-kadang bandel. kayaknya gak perlu dijelasin orang yang kayak begini, saya rasa Anda sudah tahu.

Selain Golongan – golongan hacker, ada juga tingkatan – tingakat hacker yang mecerminkan kemampuanya…tapi dari pada kebanyakan takutnya bingung…kita lanjutin part 2 …sebenarnya masih banyak lagi yang mau dibahas seperti, tingakatan, tingakatan hacker, etika hacking, step-step hacker dalam menjalankan aksinya, dll. kalo dibukuin, bisa jadi 10 buku kali,bahkan kurang karena kita harus mengetahui apa itu TCP/IP, Exploit, Buffer Overflow, Session Hijacking, Trojan,Spoofing, Deface, Shellcode,dll.huah…dikira gampang jadi hacker kali ????..

 

oleh : Anjar Suryo Utomo

Category:
��

Comments

0 responses to "Hacker?makhluk apakah dia?"